Welcome Comments Pictures
Animated Pictures Comments Pictures

Coba-Coba Uggrade os sendiri

Jujur, gw adalah seorang pecinta gadget khususnya blackberry, dulu pas waktu jaman jaman nya smp mungkin Nokia adalah handphone yg rata-rata dimiliki anak muda tapi rasanya sekarang jaman sudah berevolusi, handphone nokia sekarang tak lagi booming seperti dulu kala .. seakan gadget itu sudah basi dan sekarang sudah era blackberry, android dan apple.

Pertama-tama punya blackberry adalah pas waktu sma kelas 3, waktu itu hanya mampu membeli bb type curve 8320, yaaa karena harga gadget ini cukup menguras kantong .. jadi musti nabung dulu jauh-jauh hari untuk membeli gadget ini. Kebiasaan gw kalai udah punya barang yang dimau, langsung dioprek-oprek bagaimana Cara kerjanya,aplikasi apa aja,dll
Jadi waktu itu gw berniat untuk mengupgrade os(operating system) sendiri,tanpa bantuan sang ahli orang-orang counter,hehee... berbekal pengetahuan yang hanya searching di google gw pun mulai operasi dengan sedikit deg-degan. setelah gw coba step demi step yang telah dijelaskan di om google, ternyata gw gagal dan malah errror, waduhh ... tambah deg degan.

Bingung mau ngapain gw pun sudah berniat untuk ke counter, tapi.. gw pikir kembali buat apa gw berusaha kl ujung-ujungnya ke counter juga .. gw pun kembali mengulang proses-proses tersebut sambil harap" cemas semoga berhasil. Dan ternyaaaaaaa..... jreng .. jreng .. Berhasil .. !!
Berikut ini step demi step nya untuk yang mau upgrade os bb sendiri :


 Install Desktop Manager (DM) di PC/laptop anda. DM bisa didapat dari cd dalam box sewaktu beli BB. Bisa juga didonlot disini .
 install file OS yang akan digunakan utk upgrade. File OS bisa didapat dari official sitenya, klik disini untuk donlot dari official site. Pilih sesuai carrier (operator). Bisa juga didapat dari link lokal.
Tutup DM klo DM dalam posisi terbuka. Matikan (off) screensaver di PC/laptop anda.
Jika download file OS tidak sesuai carrier, maka dari windows explorer lakukan search (including system and hidden files) file dengan nama ‘vendor.xml’ setelah ketemu hapus aja file tersebut (kalo pake WindowsVista, bisa dicari di : C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader). Kalo filenya sesuai carrier, biarkan saja.
Colok BB ke PC/laptop via kabel data USB. Buka DM. Kalau ada permintaan upgrade os dicancel dulu.
Backup manual BB dengan menggunakan DM.
Selesai backup, masuk ke application loader. Kalau ada permintaan masukkan password Blackberry, masukkan paswordnya (kalau tidak ada paswordnya, klik ok saja)
Pilih add/remove application. Kalau normal akan muncul semua file program yang akan diinstall. Silahkan dipilih language dan program/aplikasi bawaan OS apa saja yg mau diinstall di Blackberry. Ikuti instruksi di DM tersebut, dan tunggu sampe selesai prosesnya.
    Selesai upgrade, cabut kabel data, restart lagi BB-nya, tutup DM, dan uninstall file OS dari PC/laptop (optional).
    Kalau gagal upgrade atau ada fatal error, siap-siap wipe BB dan re-install lagi OSnya.

Rumayan laah bisa hemat 50rb dari pada harus ke counter minta upgrade tin sama tukang counter.
Alhamdulillah sekarang gw sudah lancar kalu soal urusan blackberry dari mulai upgrade sampai urusan yang lain nya, bahkan juga sering bantuin temen yang lagi ada masalah dengan blackberry nya .. kadang-kadang juga upgrade tin os teman-teman , kesaian dia kalau harus ke counter .. hehe

0 komentar:

Posting Komentar