Welcome Comments Pictures
Animated Pictures Comments Pictures

Resume Proses Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Dalam Organisasi dan Arti Penting Komunikasi Dalam Organsasi(kelompok 3&4)

Resume Proses Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Dalam Organisasi

Pengambilan keputusan dalam setiap kesempatan ataupun dalam hal apapun pasti sering terjadi di kehidupan sehari-hari kita. bai dalam kehidupan formal maupun non-formal.
 Maka dari itu dibutuhkan tahap-tahap dalam mengambil sebuah keputusan :
- Aktivitas intelegensi yakni penelusuran kondisi lingkungan yang memerlukan pengambilan keputusan.
- Aktivitas desain yakni terjadi tindakan penemuan, pengembangan dan analisis masalah.
- Aktivitas memilih yakni memilih tindakan tertentu dari yang tersedia.

Pengambilan keputusan ini berfungsi sebagai pangkal ulaan dari semua aktivitas manusia yang sadar danterarah baik secara individual maupun secara kelompok, baiksecara institusional maupun secara organisasional
Langkah-langkah dalam mengambu keputusan adalah sebagai berikut :

1. Tahap identifikasi
Tahap ini adalah tahap pengenalan masalah atau kesempatan munculdan diagnosis dibuat. Sebab tingkat diagnosis tergantung darikompleksitas masalah yang dihadapi

2. Tahap pengembangan
Tahap ini merupakan aktivitas pencarian prosedur atau solusi standaryang ada atau mendesain solusi yang baru. Proses desain inimerupakan proses pencarian dan percobaan di mana pembuatkeputusan hanya mempunyai ide solusi ideal yang tidak jelas

3. Tahap seleksi
Tahap ini pilihan solusi dibuat, dengan tiga cara pembentukan seleksiyakni dengan penilaian pembuat keputusan : berdasarkanpengalaman atau intuisi, bukan analisis logis, dengan analisisalternatif yang logis dan sistematis, dan dengantawar-menawar saatseleksi melibatkan kelompok pembuat keputusan dan semua manuver politik yang ada. Kemudian keputusan diterima secara formal dan otorisasi dilakukan

4. kerangaka masalah
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengisyaratkan dalam waktu dekat akan merombak kabinetnya. Tujuan utamanya untuk memperbaiki kinerja, melakukan akselerasi, serta menumbuhkan semangat baru dalam membangun bangsa.




 Resume Arti Penting Komunikasi Dalam Organsasi

Komunikasi dalam organisasi adalah komunikasi di suatu organisasi yang dilakukan pimpinan, baik dengan para karyawan maupun dengan khalayak yang ada kaitannya dengan organisasi, dalam rangka pembinaan kerja sama yang serasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi.
Syarat untuk melakukan komunikasi adalah harus adanya pesan yang ingin disampaikan oleh orang yang ingin menyampaikanya(communicator) kepada orang yang menerima pesan(comunikan).
Biasanya di dalam komunikasi dalam organisasi ini serring terjadinya Miss Communication (terjadinya kesalahan dalam salah satu proses komunikasi) akan menyebabkan tidak tercapainya tujuan atau misi yang hendak di capai.

Model komunikasi dalam organisasi yang paling sederhana adalah sebagai contoh seorang dapat mengirimkan pesan, tetapi bila tidak ada yang menerima atau yang mendengar, komunikasi tidak akan terjadi. Model komunikasi yang terperinci, dengan unsur-unsur penting dalam suatu organisasi yaitu :
Pengirim Pesan Penerima
1. Sumber mempunyai gagasan, pemikiran atau kesan yang
2. diterjemahkan atau disandikan ke dalam kata-kata dan symbol-simbol, kemudian
3. disampaikan atau dikirimkan sebagai pesan kepada penerima
4. penerima menangkap symbol-simbol dan
5. diterjemahkan kembali atau diartikan kembali menjadi suatu gagasan dan
6. mengirimkan berbagai bentuk umpan balik kepada pengirim.


Hambatan - hambatan yang sering terjadi dalam organisasi :

1. Hambatan Organisasional yaitu tingkat hirarkhi, wewenang manajerial dan spesialisasi. Tingkat khirarkhi bila suatu organisasi tumbh, dan strukturnya berkembang, akan menimbulkan berbagai masalah komunikasi.2. 2. Hambatan-hambatan Antar Pribadi Manejer selalu menghadapi bahwa pesan yang disampaikan akan berubah dan menyimpang dari maksud pertama.

Dalam berkomunikasi kita harus melakukanya dengan baik supaya tidak terjadinya salah paham ataupun miss commucation diantara sesama organisasi maupun individu.
Maka dari itu dibuthkan pedoman komunikasi yang baik sbb:
1. Teliti tujuan sebenarnya dalam setiap berkomunikasi
2. Pertimbangkan keadaan fisik dan fisikhis orang lain dalam berkomunikasi
3. Konsultasikan dengan berbagai pihak setiap proses manejemen mulai dari merencanakan sampai evaluasi.
4. Perhatikan tekanan nada dan eksperesi wajah sesuai dengan isi pesan yang disampaikan.
5. Perhatikan konsistensi dalam berkomunikasi
6. Jadilah pendengar yang baik dalam berkomunikasi. 
Komunikasi sangat penting bagi semua orang, tanpa komunikasi suatu organisasi maupun perusahaan tidak akan berjalan dengan baik. Sehingga komunikasi antar sesama manusia sangat di butuh kan. Jangan merasa malu untu memulai komunikasi berasa kerabat atau siapapun. mulailah dengan melalui media yg sudah ada, misalkan hp,chatting,dll agar kita tetap bisa berhubungan baik kepada semua orang.