Welcome Comments Pictures
Animated Pictures Comments Pictures

Resume Arti Penting Organisasi Dalam Bermasyarakat dan Konflik Dalam Organisasi(kelompok 1&2)

Resume Arti Penting Organisasi Dalam Bermasyarakat

Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.

Pada saat sesi pertannyaan saya mendengar ada yang bertanya "mengapa kebanyakan orang-orang indonesia mau mengikuti organisasi yang melenceng dari jalur dan terkesan menyimpang, apakah warga indonesia sebodoh itu untuk ikut organisasi yangg sudah jelas akan menyimpang ?
kemudian kelompok satu menjawab bahwa pada awalnya organisasi tersebut memngajak dengan maksu baik dan berbuat segala sesuatu yang positif, tetapi lama kelamaaan organisasi tersebut lalu menyimpang dari jalurnya dan kita yang sudah masuk kedalam organisasi tersebut tidak dapat keluar lagi , atau akan dikenakan denda yang fantastis kalau semisalnya kita hendak hendak keluar dari organisasi tersebut.
menurut saya jawaban yang diberikan sangat masuk akal, karena sang pengolah organisasi pasti sudah menyiapkan taktik yang lebih pintar daripada kita. maka dari itu kita harus berhati-hati kalau mau bergabung kedalam organisasi yang belum jelas latar belakangnya.
Adapun ciri - ciri dari suatu organisasi sosial, antara lain :
  1. Rumusan batas-batas operasionalnya (organisasi) jelas. Seperti yang telah dibicarakan diatas, organisasi akan mengutamakan pencapaian tujuan-tujuan berdasarkan keputusan yang telah disepakati bersama. Dalam hal ini, kegiatan operasional sebuah organisasi dibatasi oleh ketetapan yang mengikat berdasarkan kepentingan bersama, sekaligus memenuhi aspirasi anggotanya.
  2. Memiliki identitas yang jelas. Organisasi akan cepat diakui oleh masyarakat sekelilingnya apabila memiliki identitas yang jelas. Identitas berkaitan dengan informasi mengenai organisasi, tujuan pembentukan organisasi, maupun tempat organisasi itu berdiri, dan lain sebagainya.
  3. Keanggotaan formal, status dan peran. Pada setiap anggotanya memiliki peran serta tugas masing masing sesuai dengan batasan yang telah disepakati bersama.
Kalau menurut saya pribadi kesimpulannya organisasi dalam bermasyarakat sangatlah penting menggingat kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Maka dari itu bersosialisasi sangatlah penting bagi kehidupan manusia.





Resume Konflik Dalam Organisasi
 
Konflik merupakan sikap saling mempertahankan diri antara dua kelompok atau lebih yang memiliki tujuan dan cara pandang yang berbeda

Biasanya konflik dapat terjadi karena beberapa sebab,diantaranya


karakteristik individual :
            a. nilai dan sikap kepercayaan
            b. kebutuhan dan kepribadian
            c. perbedaan persepsi
situasi :
            a. kesempatan dan kebutuhan interaksi
            b. ketergantungan satu pihak kepada pihak lain
            c. perbedaan status

sebenarnya konflik di dalam organisasi adalah hal yang sangat wajar dan mungkin bisa dibilang dianjurkan
agar organisasi nya bisa berjalan lebih baik dan kompak.
seperti yang kita ketahui apabila sebuah organisasi telah terjadi konflik maka organisasi terseut pasti akan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut, dan dari sanalah mereka akan belajar kekompakan dan kerjasama yang lebih baik. Namaun juga tidak dianjurkan untuk sengaja mencari konflik untuk hal hal yang 
tidak berguna, biarlah organiosasi berjalan dengan sendirinya maka organisasi tersebut pasti akan
menemukan sentuhan untuk melangkah lebih baik kedepannya.

0 komentar:

Posting Komentar